Photo

Photo

Sunday 29 July 2018

Ketika Aku Masih Muda Dan Bebas Dan Imajinasiku Pun Tanpa Batas


When I Was Young And Free And My Imagination Had No Limits

I dreamed of changing the world.


As I grew older and wiser, 

I discovered the world would not change, 

So I shortened my sights somewhat and decided to change only my country. 

But it too seemed immovable.


As I grew into my twilight years, 

In one last desperate attempt, 

I settled for changing my family, 

Those closest to me, 

But alas they would have none of it.


And now as I lay on my deathbed, 

I realize:

If I had only changed myself first, 

Then by example I might have changed my family.

From their inspiration and encouragement, 

I would then have been able to better my country and who knows. 

I may have even changed the world.”



Artinya

Yaah, kalo diterjemahin kedalam bahasa Indonesia kira-kira gini nih...


Ketika aku masih muda dan bebas dan imajinasiku pun tanpa batas, 

Aku bermimpi mengubah dunia.

Ketika aku bertambah tua dan bijaksana, 

Aku menyadari bahwa dunia tak dapat kuubah,

Maka cita-citaku kupersempit dan kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku. 

Namun tampaknya itupun tak berhasil

Ketika usia senja mulai kujelang,

Lewat upaya terakhir yang penuh keputusasaan,

Kuputuskan untuk hanya mengubah keluargaku,

Karena mereka orang-orang yang paling dekat denganku.

Namun sayangnya, 

Mereka pun tak kunjung berubah

Dan sekarang, ketika aku berbaring menjelang kematianku, 

Tiba-tiba kusadari :

Jika pertama-tama yang ku ubah adalah diriku sendiri

Maka teladan yang kuberikan mungkin dapat mengubah keluargaku.

Dan mungkin inspirasi dan dorongan mereka membuat negeriku menjadi lebih baik.

Dan siapa tahu, pada waktu itu aku telah mengubah dunia.

No comments:

Post a Comment

Perintah Kaisar Naga : 4340 - 4345

 Perintah Kaisar Naga. Bab 4340-4345 "Kalau begitu kamu bisa meminta bantuan Pangeran Xiao. Agaknya, Keluarga Qi tidak bisa lebih kuat ...