Photo

Photo

Tuesday 26 December 2023

Pancasila “ Way of Life “


Bung Karno pernah bertanya kepada Presiden Yugoslavia, Josep Broz Tito, kurang lebih sebagai berikut : " Tuan Tito, jika anda meninggal nanti, bagaimana nasib bangsa anda…? "

Dengan bangga, Tito berkata, " Aku memiliki tentara-tentara yang berani dan tangguh untuk melindungi bangsa kami. "

Setelah menjawab pertanyaan ini, Tito ternyata gantian bertanya, " Lalu bagaimana dengan negara anda, sahabatku…? "

Dengan tenang Bung Karno berkata, " Aku tidak khawatir, karena aku telah meninggali bangsaku dengan sebuah “ way of life “, yaitu Pancasila. "

Menurut para ahli sejarah di Serbia, di antara Indonesia dan Yugoslavia, yang paling berkemungkinan pecah atau mengalami disintegrasi seharusnya Indonesia.

Alasannya, Yugoslavia lebih beruntung dibandingkan Indonesia, karena wilayahnya tidak terpisah-pisah dan tidak beretnis sebanyak Indonesia.

Namun, pada akhirnya... bangsa Yugoslavia pecah menjadi 6 ( enam ) negara-negara kecil seperti Serbia, Kroasia, Bosnia, dan lain-lain.

Ternyata, menurut mereka, bangsa Indonesia lebih beruntung karena memiliki pegangan hidup Pancasila yang menyatukan penduduknya yang terdiri atas berbagai suku / golongan dan memeluk berbagai agama dan kepercayaan.

" Aku tidak mengatakan aku yang menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami tradisi-tradisi kami sendiri dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah..."

No comments:

Post a Comment

Perintah Kaisar Naga : 4340 - 4345

 Perintah Kaisar Naga. Bab 4340-4345 "Kalau begitu kamu bisa meminta bantuan Pangeran Xiao. Agaknya, Keluarga Qi tidak bisa lebih kuat ...