Photo

Photo

Tuesday 26 December 2023

Keutamaan Sholawat


Abdurrahman bin ‘Auf r.a bercerita :

“ Suatu hari aku mengikuti Nabi. Ku lihat beliau memasuki kebun kurma. Tiba tiba beliau bersujud. Aku pun menunggu sujudnya yang lama sehingga aku khawatir beliau telah meninggal. Maka, aku dating menatapnya lekat lekat. Beliau langsung mengangkat kepala.  ‘Ada apa, Abdurrahman ? “

“ Wahai Rasulullah, kau letakkan kepalamu disini lama sekali, aku khawatir engkau telah meninggal.’  Bahkan aku berkata dalam hati, ‘ Aku tidak akan berjumpa lagi dengan Rasulullah. “

Beliau saw menjawab, “ Tadi ada utusan Tuhan mendatangi ku.  Ia berkata, “ Maukah kau ku beritahu sebuah kabar gembira…? ” Allâh berkata : “ Siapa bersholawat untukmu satu kali, Allah bersholawat untuknya sepuluh kali ”.

Nabi bersujud dan meratakan dahinya yang mulia dengan tanah. Mengapa beliau melakukan itu ? Mengapa beliau segembira itu ? Gembira bukan karena beliau dikirimi sholawat. Beliau bergembira karena balasan yang Allâh berikan. Beliau gembira dengan sholawat  yang Allah curahkan kepada kita.

 

Ibnu Athoillah mengomentari hadits itu dengan ulasan yang menggetarkan hati kita : “ Seandainya sepanjang hidup engkau melakukan amal keta’atan, lalu Allâh memberimu  1  sholawat saja, tentu 1 sholawat itu lebih berat dari pada semua amal ketaatan mu selama hidup. Sebab, engkau bersholawat sesuai dengan kapasitas kemampuanmu,  sementara Allah bersholawat sesuai dengan sifat Ketuhanan-Nya. Ini baru satu sholawat. Lalu, bagaimana jika Allah bersholawat untuk mu sebanyak 10 kali atas setiap 1 kali sholawat mu atas Rosul…? ”

 

اَللهُمَّصَلِّعَلَىسَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَعَلَىآلِسَيِّدِنَامُحَمَّدٍ

No comments:

Post a Comment

Perintah Kaisar Naga : 4340 - 4345

 Perintah Kaisar Naga. Bab 4340-4345 "Kalau begitu kamu bisa meminta bantuan Pangeran Xiao. Agaknya, Keluarga Qi tidak bisa lebih kuat ...