Photo

Photo

Tuesday 12 February 2019

Lima Wasiat Nabi Adam Kepada Putranya


Dari 5 wasiat ini kami kumpulkan jadi satu tanpa syarah

اوصی ادم ابنه شیت علیهما السلام خمشةاشیاء وامره ایوصی بها اولاده من بعده..
اولها.. قال له ..قل لاولادك لا تطمئنوالدنیا فانی اطمئنت باالجنة الباقیة فاخرجنی الله منها....

Artinya..
Nabi Adam As berpesan kepada putranya Nabi syet As dengan 5 perkara dan beliau berpesan bahwa wasiat ini juga untuk generasi  sesudahnya..

1. Pertama berkata nabi Adam kepada putranya, katakanlah kepada anakmu janganlah Tamak dengan Dunia, kerena saya Tamak dengan Dunia akhirnya Allah mengeluarkanku dari Surga..

والثانی لاتعملوا بهوی نساءكم فانی عملت بهوامرأتی واكلت من الشجر فخلقنی الندامة.

2. Yang Kedua janganlah kamu melakukan sesuatu kerena menuruti nafsu dari perempuanmu (  Istrimu ) kerena aku ( kata nabi adam ) ketika memakan buah kholdi kerena menuruti nafsu / permintaan istriku ( siti Hawa As ) yang pada ahirnya membuat saya menyesal..

ولثالث قل لهم كل عمل تریدونه فنتطروا عاقبته فانی لو نطرت عاقبةالامر لم یصبنی ما اصابنی...

3. Yang ketiga katakanlah kepada mereka, semua perbuatan yang kamu inginkan, pikirkanlah akibat dari perbuatan itu kerena sesungguhnya Aku ( nabi Adam ) jika saya mempertimbangkan akibat yang saya perbuat tentu tidak akan menimpa padaku sesuatu tidak baik padaku ( dikeluarkan dari Surga )

الرابع اذااضطربت قلوبكم بشئ فاجتنبوه فانی حین اكلت من الشجرة اضطربت قلبی فلم ارجع فخلقنی الندام.

4. Jika dalam hatimu terbesit dalam hatimu suatu keraguan dalam mengambil suatu keputusan, sebaiknya kamu hindari kerena ketika saya ( nabi adam ) makan buah kholdi, terbesitlah suatu keraguan dalam hatiku ( kata nabi Adam ) dan saya tidak membatalkan yang pada akhirnya membuatku menyesal.

الخامس..استشیروا فی الامور فان لو شاورت الملائكة لم یصبنی ما اصابنی...

5. Kelima bermusyawarah dalam segala urusanmu, kerena seandainya saya mau bermusyawarah dengan malaikat tentu saya tidak akan mendapatkan sesuatu hukuman yang menimpaku.

البداية والنهاية - الجزء الأول  صخیفه
 ابن كثير

Semoga kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan kita Aaminn...

No comments:

Post a Comment

Perintah Kaisar Naga : 4340 - 4345

 Perintah Kaisar Naga. Bab 4340-4345 "Kalau begitu kamu bisa meminta bantuan Pangeran Xiao. Agaknya, Keluarga Qi tidak bisa lebih kuat ...