Photo

Photo

Thursday 12 April 2018

TUJUH RESEP SUKSES


Bismillahirrahmanirrahim.

Ada yang berkata kepada saya, " Kang enak ya, kayaknya tidak pernah bekerja, kok punya uang melulu…? Bisa beli ini, beli itu. Pengen saya bisa seperti itu. Gimana caranya… ? "

Saya jawab, jangan dilihat yang di permukaan saja ya bro… harus tahu, di belakang " yang nampak ini " ada perjuangan keras luar biasa dan dorongan banyak pihak.

Ayo disimak….! Dibalik kesuksesan seseorang itu ada hal” ini menurut saya ( setidaknya berdasarkan pengalaman hidup saya ) :

1. Pernah jatuh nyungsep. Bangkrut. Bahkan berkali-kali. Tapi tidak pernah menyerah.

2. Punya cita-cita yang tinggi dan kuat. Bahasa santrinya punya " himmah 'aliyyah ". Bahasa umumnya punya impian yang sangat besar dalam hidupnya. Lalu terus berusaha mewujudkannya.

3. Mau terus belajar belajar dan belajar selamanya. Asal tahu saja, hingga saat ini saya selalu menambah bacaan dan ilmu setiap hari. Apa saja yang bermanfaat. Ilmu agama pasti paling utama. Tiada hari tanpa kitab kuning. Termasuk juga soal cari uang. Misalnya ilmu bisnis online, marketing dll. Dan, saya selalu siap membayar biaya pembelajaran saya. Ratusan ribu. Bahkan jutaan. Ini yang orang tidak lihat.

4. Mau mengamalkan ilmunya. Istilah kerennya kerja-kerja-kerja. Action…! Tidak duduk diam berpangku tangan. Mengharapkan hujan uang dari langit. ( Hehehe… itu mah adanya hanya di negeri dongeng aja )

Nah, ini kan berarti tidak seperti anggapan teman tadi yang katanya saya tidak bekerja. Hehehe... Dikira begitu tidak bekerja kah….? Yang bener aja, Mas Brow.. hehehe…

5. Terkadang punya hutang juga. Saya pun punya. Tapi alhamdulillah semakin terkikis terus menerus hingga menipis. Soal hutang ini, sampai saat ini, kesimpulan saya segera tuntaskan…! Dan jangan hutang lagi…! Selamanya.

Jangan iri kalau ada orang punya mobil bagus. Kebanyakan adalah kredit. Jangan sekadar pingin rumah megah. Kebanyakan orang memaksakan diri sehingga tertekan bertahun-tahun.

Saran saya, kos saja yang murah. Sambil terus tingkatkan penghasilan. Hasilnya simpan dalam bentuk emas batangan untuk menjaga nilainya. Kalau sudah mencukupi, beli rumah CASH saja.

Begitupun beli apa” yang lain. Biasakan CASH. Kalau belum punya uang, tambah penghasilan…! Hemat ekstrim….! Bangun asset….! Hasil aset baru dibuat membeli keinginan”nya.

6. Pandai mengatur keuangan. Lebih tepatnya, mau belajar mengelola keuangan. Lalu menerapkannya.

Intinya begini, kalau anda punya uang, pilih 1 dari 3 ini :

- pengeluaran habis

- pengeluaran menurun

- pengeluaran naik

Pengeluaran habis contohnya makan, minum, rekreasi dll. Begitu kita bayar, uang habis. Tidak akan  kembali lagi.

Pengeluaran menurun contohnya beli HP, beli mobil, beli barang” branded, dll. Kita beli mahal, dijual lagi turun.

Pengeluaran naik contohnya kulak barang untuk dijual lagi lebih mahal. Contoh lagi pengeluaran untuk membayar biaya belajar ( investasi diri ) lalu dengan ilmu yang dimiliki menjadi alat menuju kesuksesan yang dicita-citakan. Dll.

Kalau anda mau maju, selalu pikirkan pengeluaran yang naik…! Bagaimana anda mengeluarkan uang namun uang itu akan menghasilkan lebih banyak uang lagi yang halal.

Stop belanja konsumtif…!

Buang gengsi…!

Pikir dulu sebelum mengeluarkan uang…!

Pastikan hanya pengeluaran yang naik…!

7. Selalu menjaga amalan ( IMAN – TAQWA – DO’A ). Inilah yang selama ini sering saya posting kepada sahabat. Semua benar-benar saya amalkan.

Sholawat jibril. Hasbalah. Sholat dhuha. Sedekah. Sholawat maal. Sholawat nariyah. Waqi'ah. Dan lain sebagainya. Semuanya benar” saya amalkan. Saya buktikan sendiri kemujarabannya. Baru saya bagikan kepada para sahabat. Jadi semuanya nyata. Tidak ada yang abal-abal. Kalau tidak percaya, datang saja ke rumah saya. Hehehe...

Inilah kiat” sukses saya. Lebih dari itu pengharapan saya satu”nya hanyalah kepada ALLAH SWT semata-mata. DIA lah tempat bersandar dan tempat curhat sejati. 

Masalah apapun akan dijawab tuntas oleh-Nya.

Tidak lupa dibalik kesuksesan seseorang selalu ada peran orang lain yang membantunya. Ada orang tua yang selalu mendoakan. Ada peran istri dan anak yang selalu menyemangati. Ada peran orang orang terdekat dan sahabat sejati yang selalu memotivasi. Semoga Allah merahmati beliau semuanya, bi barokatil fatihah. Amin.

Sampai di sini dulu cerita saya. Semoga bermanfaat ya.

Salam silaturahmi dan hormat takdzim…!

No comments:

Post a Comment

Perintah Kaisar Naga : 4340 - 4345

 Perintah Kaisar Naga. Bab 4340-4345 "Kalau begitu kamu bisa meminta bantuan Pangeran Xiao. Agaknya, Keluarga Qi tidak bisa lebih kuat ...