Photo

Photo

Monday 2 January 2023

Ilmu Semar Mesem


Ki Semar Bodronoyo sedang sebo berbincang² dengan putra²nya Petruk, Gareng, Bagong...

Dialognya sbb :

Gareng : Romo pernah dicaci maki seseorang...?

Semar : Pernah....!!!

Petruk : Pernahkah dimusuhi seseorang…?

Semar : Pernah....!!!

Bagong : Apa pernah dibenci seseorang…?

Semar : Ya pernah....!

Gareng : Sampeyan juga pernah dihujat seseorang…?

Semar : Pernah....!

Petruk : Apakah semua itu dilakukan secara terang²an…?

Semar : Ya Ada... Ada yang dilakukan secara terang²an, ada juga yang hanya dilakukan secara diam² dari belakang...!!

Bagong : Lantas apa yang romo perbuat terhadap orang² itu..?

Semar : Aku yo mesem wae ( senyum saja ) tho...Thole, nggèr... Anak²ku cah bagus, podo dirungokno yo....!!!

Aku tidak balik mencaci-maki dia, aku pun tidak merasa harus memusuhinya, tidak pula akan membencinya, aku juga tidak berpikir akan membalas hujatannya...

Gareng ( penasaran ) : Kenapa bisa demikian, Romo..?

Semar : itu karena pikiran serta hatiku tidak terfokus pada siapa yang mencaci maki, siapa yang memusuhi, siapa yang membenci dan siapa yang menghujat.

Pikiran dan hati ku hanya terfokus pada...

Siapa yang menggerakkan lidah mereka sehingga mencaci-maki aku,

Siapa yang menggerakkan jiwa nya sehingga memusuhi aku,

Siapa yang menggerakkan hati nya sehingga membenci aku dan

Siapa yang menggerakkan pikiran nya sehingga membuat mulut nya menghujat aku...!!!

Petruk : Dia itu siapa, romo..?

Semar : Dia lah gusti Allah yang maha pencipta alam semesta ini serta segala isinya.

Dia lah sebagai maha yang berkuasa atas segala sesuatu yang sudah, yang belum, yang sedang dan yang akan terjadi.. sesuai dengan kehendak-nya.

Ya hanya Dia lah satu²nya yang memberi kemampuan dan kekuatan pada orang² itu sehingga...

Lidahnya bisa mencaci-maki,

Jiwanya bisa memusuhi,

Pikirannya bisa membenci dan...

Bibirnya bisa mencela

No comments:

Post a Comment

Perintah Kaisar Naga : 4340 - 4345

 Perintah Kaisar Naga. Bab 4340-4345 "Kalau begitu kamu bisa meminta bantuan Pangeran Xiao. Agaknya, Keluarga Qi tidak bisa lebih kuat ...