Photo

Photo

Friday 10 December 2021

Adat Nyekar, Adat Nusantara


Dulu banyak orang mengira, saya dianggap berlebihan menegakkan adat istiadat, melestarikan seni dan budaya, menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi, merawat segala macam kearifan lokal warisan leluhur. dianggapnya muspra !

Bahkan tidak sedikit yang meneriaki saya sesat, tukang klenik, dukun, ahli nujum, musyrik, bahkan ada yang tegas memberi pernyataan sebagai ahli neraka. Saya tidak perduli dan tetap tegak lurus berdaulat.

Ini sudah menjadi prinsip dan pedoman mutlak ! Lahir dan hidup di jawa, sedosa itukah bila saya jawani, serendah itukah bila berkata: saya jawa !

Toh saya tidak merasa mencari massa, tidak ingin di unggulkan, tidak sekedar pencitraan belaka, tidak cuma menuruti kesenangan, ini bukan tentang penokohan, saya tidak pimpinan bagi siapapun, saya tidak butuh pengikut, sebagai rakyat jelata hanya berpikir ini adalah tentang kiblat hidup dan kedaulatan jati diri.

Pun kalo sudah jawani, saya merasa malah semakin setia pada negara, segenap hati tidak gemar mempersoalkan perbedaan, dengan jiwa raga menerima keragaman serta kian mantap ber-pancasila.

Seiring berjalannya waktu, secara bertahap ! Justru kini banyak yang sadar bahwa selama ini begitu banyak diantara sedulur kita telah kehilangan kiblat, lupa pada sangkan paraning dumadi, ingkar pada kodrat semesta, terlalu fasih memuja keunggulan bangsa asing, sampai lupa pada keagungan serta keluhuran bangsanya sendiri.

Setelah semua dipahami ! Akhirnya sekarang berduyun-duyun orang mendukung pergerakan yang saya gaungkan

Ora ana kamulyan tanpa paseduluran, ora ana mukti tanpa jati diri. Nek ora awake dewe, sapa meneh..? Nek ora sak iki, kapan meneh…? Saya jawa, kita Indonesia 

Terpujilah orang-orang terpuji.


Bahagia itu sederhana, tertawalah...

http://yt3.piee.pw/3wcfdw

http://yt3.piee.pw/3yl5ud

No comments:

Post a Comment

Perintah Kaisar Naga : 4340 - 4345

 Perintah Kaisar Naga. Bab 4340-4345 "Kalau begitu kamu bisa meminta bantuan Pangeran Xiao. Agaknya, Keluarga Qi tidak bisa lebih kuat ...