Photo

Photo

Thursday 3 March 2022

Saya Jawa


Saya Jawa….! Di ajari oleh Leluhur menjunjung tinggi adat, melestarikan budaya, merawat nilai-nilai kearifan lokal, tanpa perlu menghina, merendahkan ataupun menghujat adat, budaya, agama, suku dan bangsa lain.

Saya Jawa…! Mendapat warisan Pitutur Luhur agar menjadi generasi Jawa yang beradab dalam kemanusiaan, ngajeni dalam ragamnya keyakinan dan ngregani dalam perbedaan pandangan.

Saya Jawa…! Dididik bertata krama dan lembah manah, dengan harapan tidak serampangan dalam perbuatan, agar tidak asal ngawur membuat kegaduhan dan selamat dari watak buruk yang dominan se-enak udelnya menyebar kebencian serta gemar menanam permusuhan.

Saya Jawa…! Diperintah berbuat baik kepada siapapun, kecuali tunduk dihadapan orang sombong, itu pantangan sekaligus larangan. Tahu kenapa…? Sebab orang sombong, jika kau rendah hati dihadapannya, maka harga dirimu akan di injak-injak olehnya. Jauhi dia, tanpa perlu menyimpan benci padanya.

Saya Jawa…! Punya prinsip : " Ora wedi di ina, ora seneng di alem. Ora penting di anggep apik, sing penting dadi wong becik..."

Wong Jawa aja ilang Jawane. Terpujilah orang-orang terpuji...

No comments:

Post a Comment

Perintah Kaisar Naga : 4340 - 4345

 Perintah Kaisar Naga. Bab 4340-4345 "Kalau begitu kamu bisa meminta bantuan Pangeran Xiao. Agaknya, Keluarga Qi tidak bisa lebih kuat ...